Rabu, 05 Juli 2017

4 JENIS KUCING PERSIA

Hello Sahabat pencinta kucing, kali ini admin akan berbagai mengenai Kucing Persia. Mungkin banyak sekali yang belum mengerti sesungguhnya tentang kucing persia. Banyak anggapan orang tentang kucing persia yang sering menyebutnya dengan kucing Anggora. Tahunya orang kalau kucing berbulu lebat dan body besar itu disebut kucing Anggora. Untuk memperjelas admin akan ulas di bawah ini :

Kucing persia juga merupakan salah satu kucing yang menjadi idaman bagi para pecinta kucing. Banyak pecinta kucing yang memelihara kucing persia, walaupun biaya pemeliharaannya agak mahal. Kucing persia ini sudah tersebar keseluruh penjuru Indonesia.

Kucing Persia dibagi menjadi 4 Jenis :
 
1. Kucing Persia Medium
 
Pada gambar, anda dapat melihat penampilan fisik dari persia medium. Agak berbeda sedikit dengan persia lain pada umumnya, jenis yang satu ini memiliki hidung yang agak mancung sedangkan persia pada umumnya berhidung pesek. Panjang bulu pada ekor kucing ini ada yang berbulu panjang dan ada pula yang berbulu pendek. Harga untuk siimut ini realatif standar, tidak terlalu murah dan tidak pula terlalu mahal. harganya biasanya sekitar 700 ribu hingga 900 ribu tergantung kecantikan warnanya. Perawatan kucing ini gampang-gampang susah mulai dari kesehatannya, pemberian vitamin kucing, vaksinisasi, sampai perawatan bulunya. Semua kucing persia memang mempunyai bulu yang panjang dan harus sering disisir untuk menjaga supaya terlihat indah karena jika tidak dirawat atau disisir bulu akan mudah kusut dan menggumpal, nah ini biasanya akan menyebabkan kurangnya keindahan kucing untuk dilihat dan dapat menyebabkan penyakit juga. Jadi harus sering dimandikan dengan shampho khusus kucing supaya kucing kesayangan kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Kucing Persia Himalayan

Kucing Persia Himalaya adalah kucing persia yang merupakan perpaduan jenis kucing dari ras persia. Kucing ini memiliki penampilan yang menonjol pada warna bulunya yang berwana hitam pada bagian lingkaran mata, hidung dan ujung-unjung keempat kakinya berwarna kehitaman. Sedangkan pada bagian tubuh lainnya berwarna putih. Kucing Himalayan merupakan ras kucing berbulu panjang yang terlihat sangat identik dengan kucing Persia kecuali warna bola matanya yang biru dan pewarnaan bulunya. Waktu saya jalan – jalan ke Pasar hewan beberapa hari yang lalu saja, saya sempat terkecoh dengan penampilan kucing Himalayan ini.

Pola warnanya terlihat sangat mirip dengan kucing Siam dengan dominasi warna putih dan abu-abu pada bagian wajah dan cakar. Namun kucing ini juga memiliki bulu lebat yang khas kucing Persia. Usut punya usut ternyata kucing ini memang hasil persilangan antara kucing Persia dengan kucing Siam. Sebenarnya kucing jenis ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, tetapi kucing ini baru dikenalkan ke Eropa sekitar tahun 1950-an. Itu pun dengan nama Colourpoint Persian, bukan kucing himalayan seperti yang kita sebut sekarang. Saat ini kucing Himalayan atau kucing himalaya sudah diklasifikasikan dalam ras yang berbeda dengan Persian oleh International Cat Association. Namun masih dimasukkan dalam group yang sama dengan Persia dan Exotic Shorthair (Kucing Persia versi bulu pendek) dalam “Persian Breed Group standard”. Namun begitu, beberapa peternak kucing masih menganggap Himalayan sebagai versi warna lain dari Persian, bukan sebagai ras yang terpisah. 

Meskipun pada kenyataannya kucing ini tetap bersaing dalam kategori warnanya masing – masing dan dikompetisikan dalam kompetisi yang berbeda. Seperti kucing persia, kucing Himalayan cenderung memiliki tubuh yang terlihat bulat dengan kaki pendek, yang membuat mereka susah untuk melompat setinggi ras kucing lainnya. Meski ada juga beberapa yang bentuk tubuhnya lebih menyerupai kucing Siam dan dapat melompat hingga setinggi 7 kaki.

Terdapat 2 jenis kucing Himalayan yaitu jenis tradisional atau muka boneka (Doll Face) dan Peke atau Ultra-face dengan wajah yang terlihat lebih Pesek atau bahkan sangat pesek. Yang anda lihat pada gambar di atas adalah kucing Himalayan jenis Peke sedangkan yang akan anda lihat di akhir artikel ini nanti adalah kucing himalayan jenis doll face.

Karakteristik kucing himalayan adalah kucing yang manis, cerdas, dan cenderung sangat bersahabat dan dapat menjadi hewan pendamping yang sangat baik. Sifat mereka juga lebih aktif dari pada kucing Persia yang terkesan suka bermalas-malasan. Sifat ini di dapatnya dari kucing Siam yang memang lebih aktif dari Persia.
 
3. Kucing Persia Flatnose
 
Kucing persia flatnose merupakan persia yang memiliki hidung yang bisa di bilang agak pesek. Bentuk badannya sedikit gemuk dan bentuk kepalanya sedikit bulat. Warna bulu persia yang satu ini relatif sama dengan jenis kucing persia biasa. Kisaran harganya ber-iringan dengan jenis kucing himalayan. Perawatan kucing flatnose ini sama seperti perawatan kucing persia jenis lainnya. pokoknya siapkan saja duitnya hehe.
 
4. Kucing Persia Peaknose
 
Persia Peaknose ini merupakan salah satu Persia yang terkenal dan paing diminati untuk dipelihara. Dikarenakan Persia ini mempunyai postur tubuh yang menarik, gemuk alias gembul dengan hidung yang pesek. Pokoknya bikin ngegemesin banget deh. Persia Peaknose ini juga sering banget dihadirin dalam kontes-kontes kucing, bisa dikatakan Kucing keturunan Champion. Harga Persia Peaknose ini yang paling mahal dari semua Kucing – kucing Persia, bayangkan untuk anakan Persia Peaknose usia 3 bulan bisa dihargai mencapai 3 juta – 4 juta. Persia Peaknose ini juga ada sebutan lainnya yaitu Persia Peaknose Extrem, yang dimaksud adalah kalau yang Extreem ini memiliki hidung yang lebih pesek lagi dan harganya juga semakin mahal.

Demikian informasi mengenai 4 Jenis Kucing Persia. Semoga informasi kami dapat bermanfaat bagi sobat Pencinta kucing, apabila sobat ingin membeli kucing dan belum mengetahui harganya admin pencinta kucing baru menambahakan artikel Harga Kucing Persia yang mungkin bisa membantu sobat semua untuk menemukan info harga kucing.
Previous Post
Next Post

0 komentar: